Jumat, 25 Januari 2019

Tugas 4 Komunikasi Pemasaran Global Tentang E Marketing pada tahun 2019

Nama : Muhamad Mirzan Hasan Bisri
NPM  : 14215401
Kelas  : 4EA01
TUGAS 4 Manajemen Pemasaran Global


        Pada revolusi industri keempat sekarang ini segala sesuatu dituntut untuk berkembang menjadi lebih efektif dan efisien dengan penggunaan internet di berbagai aspek. Tentu saja hal ini sangat berdampak pada kegiatan perekonomian. Kegiatan perekonomian yang awalnya dilakukan secara konvensional, kini harus mulai mengikuti perkembangan zaman kearah digital yang terintegrasi dengan internet. Dampak ini dapat dilihat dari maraknya penggunaan e-commerce yang mendominasi kegiatan jual beli masyarakat modern sekarang ini.
       Era sekarang ini sudah tidak diperlukan lagi lapak secara fisik ketika hendak memasarkan produk. Semua produk dapat dipasarkan di internet melalui e-marketplace yang merupakan salah satu jenis dari e-commerce. e-marketplace mampu mempertemukan pihak yang menjual produk dengan pihak yang ingin membeli produk tanpa harus mereka bertatap muka secara langsung, semua dilakukan secara online dari pemasaran produk, tawar-menawar harga produk, membeli produk, sampai akhirnya produk diterima oleh konsumen.
    Segala kemudahan yang ditawarkan marketplace membuat transaksi online sangat cepat meningkat. Berdasarkan data dari DBS yang diakses melalui Katadata, nilai transaksi e-commerce di Indonesia pada tahun 2014 mencapai US$ 1,1 miliar, angka melampaui nilai transaksi e-commerce ini negara Thailand dan Singapura. Kendati demikian jika dilihat dari seluruh penjualan ritel di Indonesia, e-commerce baru menyumbang sebesar 0,07%. Hal ini menggambarkan bahwa e-commerce masih memiliki prospek yang sangat bagus untuk berkembang di Indonesia.
   Nilai transaksi yang tinggi dan prospek masa depan yang sangat bagus membuat banyak perusahaan e-commerce khususnya marketplace bermunculan di Indonesia. Hal ini menciptakan persaingan yang ketat untuk dapat menjadi pemimpin pasar e-marketplace. Perusahaan e-marketplace haruslah dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk dapat memenangkan persaingan ini. Dengan kualitas pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan baik kepada penjual dan konsumen untuk terus melakukan transaksi di e-marketplace tersebut.
   Salah satu perusahaan besar yang mendominasi pasar e-marketplace adalah Tokopedia dan Bukalapak. Berdasarkan data dari iPrice yang diakses melalui katadata, jumlah pengunjung Tokopedia dan Bukalapak pada triwulan pertama tahun 2018 masing-masing 117,3 juta dan 93,6 juta orang. Jumlah ini memimpin cukup jauh dari e-marketplace lain seperti Blibli, Shopee, dan JD ID.


Pengertian E-commerce
       E-commerce merupakan jenis website yang pada umumnya untuk melakukan aktivitas jual beli barang atau jasa melalui dunia maya. Ada beberapa fitur yang wajib dimiliki jenis website ini seperti katalog produk, informasi stok produk, keranjang belanja, customer service, dan lain-lain. Website e-commerce di buat dengan bentuk dinamis dan berfokus pada pemesanan produk dan transaksi daring (Rerung, 2018: 49).

Pengertian E-marketplace
       E-marketplace merupakan bagian dari e-commerce. Menurut Brunn, Jensen, & Skovgaard (2002), e-marketplace adalah wadah komunitas bisnis interaktif secara elektronik yang menyediakan pasar dimana perusahaan dapat ambil andil dalam B2B e-commerce dan atau kegiatan e-business lain.

Menurut Brunn, Jensen, & Skovgaard (2002) terdapat dua jenis emarketplaces :
1. e-marketplaces horisontal
E-marketplaces horizontal dikategorikan berdasarkan fungsi atau produk umum yang ditawarkan perusahaan. Dapat diartikan pasar yang digunakan untuk industri umum. Seperti pasar penjualan smartphone, pc, baju. Biaya transaksi yang dikeluarkan lebih rendah.

2. e-marketplaces vertical
E-marketplaces vertikal dapat diartikan pasar yang digunakan untuk industri yang memenuhi kebutuhan khusus pada masing-masing industri. Seperti pasar penjualan beton, baja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar